Pedoman Media Siber

Hits: 188
Pedoman Media Siber
Peraturan Dewan Pers
 
Pedoman Pemberitaan Media Siber
Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.
 
Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:
 
Ruang Lingkup
Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.
Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.
 
Verifikasi dan keberimbangan berita
Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.
Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.
Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:
Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;
Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;
Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;
Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.
Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.
 
Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)
Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.
Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.
 
Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:
Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;
Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;
Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c).
Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.
Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.
Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).
Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).
 
Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab
Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.
Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.
Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.
Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:
Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;
Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;
Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.
Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).
 
Pencabutan Berita
Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.
Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.
Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.
 
Iklan
Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.
Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan ”advertorial”, ”iklan”, ”ads”, ”sponsored”, atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.
 
Hak Cipta 
Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.
 
Pencantuman Pedoman 
Media siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.
 
Sengketa 
Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.
 
 
Jakarta, 3 Februari 2012 
(Pedoman ini ditandatangani oleh Dewan Pers dan komunitas pers di Jakarta, 3 Februari 2012).
 
Sumber: http://dewanpers.or.id/

Alex Noerdin Perintahkan Pasar Tradition…

13-06-2018 Hits:5 eksbis syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Alex Noerdin Perintahkan Pasar Traditional Lemabang Segera Diperbaiki

  KamiKabari.Palembang - Sepekan menjelang Idul Fitri 1439 Hijriah, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) bersama Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, dan Pjs. Walikota Palembang Akhmad Najib melakukan sidak ke...

13-06-2018 Hits:5 eksbis syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Read more

Menhub Turun Tangan Menyelesaikan Mogok …

03-06-2018 Hits:4 eksbis kenzi_alfaruk - avatar kenzi_alfaruk

Menhub Turun Tangan Menyelesaikan Mogok Kerja Pilot Garuda

    KamiKabari. Tangerang - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi ingin menjadi penengah pada permasalahan yang terjadi antara karyawan dan direksi Garuda Indonesia. Budi juga bakal berkomunikasi dengan para pilot menyusul...

03-06-2018 Hits:4 eksbis kenzi_alfaruk - avatar kenzi_alfaruk

Read more

Aset Provinsi Sumsel Bertambah

27-05-2018 Hits:7 eksbis syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Aset Provinsi Sumsel Bertambah

KamiKabari.Palembang- Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Nasrun Umar, menghadiri sekaligus melakukan penandatanganan Naskah dan Berita Acara Serah Terima Hibah Barang Milik Negara (BMN) dari...

27-05-2018 Hits:7 eksbis syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Read more

Scarlet Witch Ingin Tutupi Belahan Dada …

04-05-2018 Hits:28 hiburan syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Scarlet Witch Ingin Tutupi Belahan Dada Seperti Black Widow

KamiKabari.Jakarta - 'Avengers: Infinity War' membawa sejumlah superhero wanita ke layar. Dari sekian banyak yang ikut serta, hanya Elizabeth Olsen yang memperlihatkan keseksian. Bintang Scarlet Witch tersebut juga sadar mengenai hal tersebut....

04-05-2018 Hits:28 hiburan syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Read more

Jedun Statusnya Ibu Rumah Tangga,

07-04-2018 Hits:16 hiburan syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Jedun Statusnya Ibu Rumah Tangga,

KamiKabari.Jakarta -Faisal Haris disebut-sebut kerap menjenguk Jennifer Dunn selama berada di tahanan. Namun hingga kini belum jelas diketahui hubungan keduanya sebatas sepasang kekasih atau memang sudah suami-istri.  Namun dari status resmi yang...

07-04-2018 Hits:16 hiburan syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Read more

Rian Johnson Berharap Ada Sutradara Wani…

17-12-2017 Hits:32 hiburan tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

Rian Johnson Berharap Ada Sutradara Wanita yang Mengarahkan Star Wars

KamiKabari. Los Angeles - Kesetaran di industri Hollywood semakin keras digaungkan beberapa tahun terakhir. Rian Johnson yang termasuk salah satu pegiat industri hiburan Hollywood mendukung hal tersebut. Dilansir dari Femalefirst, Rian mengatakan...

17-12-2017 Hits:32 hiburan tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

Read more

Spanyol Pecat Pelatih Sehari Jelang Pial…

13-06-2018 Hits:6 sport syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Spanyol Pecat Pelatih Sehari Jelang Piala Dunia

KamiKabari.Krasnodar - Cuma sehari jelang kick-off Piala Dunia 2018, timnas Spanyol malah memecat pelatihnya. Julen Lopetegui dicopot dari posisinya oleh Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF). "Kami sudah memutuskan untuk memecat pelatih tim nasional," kata Presiden RFEF Luis Rubiales...

13-06-2018 Hits:6 sport syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Read more

Rossi Raih Pole Position di MotoGP Itali…

02-06-2018 Hits:9 sport kenzi_alfaruk - avatar kenzi_alfaruk

Rossi Raih Pole Position di MotoGP Italia

      KamiKabari. Mugello- Valentino Rossi akan start di posisi pertama pada balapan MotoGP Italia. Tempat terdepan didapat pembalap Movistar Yamaha tersebut usai menjadi yang tercepat di babak kualifikasi, Sabtu 2 Juni. Pada...

02-06-2018 Hits:9 sport kenzi_alfaruk - avatar kenzi_alfaruk

Read more

PTSB Siap Sukseskan Asian Games

27-05-2018 Hits:53 sport syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

PTSB Siap Sukseskan Asian Games

KamiKabari.OKU - Gubernur Sumsel Alex Noerdin melaksanakan buka puasa bersama Direksi dan Karyawan PT. Semen Baturaja dan Tokoh Masyarakat sekitar lokasi di Aula PT. Semen Baturaja Kabupaten OKU, Kamis (24/5)....

27-05-2018 Hits:53 sport syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Read more

Gubernur Berzakat, Berikan Tauladan Kepa…

05-06-2018 Hits:11 daerah tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

Gubernur Berzakat, Berikan Tauladan Kepada Pejabat

KamiKabari, Palembang - Gubernur Sumatera Selatan resmi melakukan penyerahan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Sumsel yang diiringi dengan penyerahan zakat oleh seluruh pejabat dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel. Pelaksanaan pembayaran...

05-06-2018 Hits:11 daerah tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

Read more

Ribuan ASN Pemprov Sumsel Ikuti Tabligh …

05-06-2018 Hits:15 daerah tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

Ribuan ASN Pemprov Sumsel Ikuti Tabligh Akbar

KamiKabari, Palembang - Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memadati Griya Agung Palembang, Sabtu (29/4) malam. Kegiatan ini dalam rangka Tabliqh Akbar memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad...

05-06-2018 Hits:15 daerah tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

Read more

Sumsel Resmi Tuan Rumah Konferensi Peny…

05-06-2018 Hits:13 daerah tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

 Sumsel Resmi Tuan Rumah Konferensi Penyesuaian Lingkungan Perkotaan se Dunia

  KamiKabari, Palembang - Setelah dua kali bertandang ke Palembang, Tim Sekretariat Urban Environmental Accord (UEA) akhirnya melakukan MoU dengan Gubernur Sumsel Alex Noerdin terkait Sumsel yang akan dijadikan tuan rumah Konferensi...

05-06-2018 Hits:13 daerah tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

Read more

Kampung Jalan Cempaka Dalam Juara Lomba …

13-06-2018 Hits:7 ragam syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Kampung Jalan Cempaka Dalam Juara Lomba Kampung Hias AGXVIII

KamiKabari.Palembang- Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin secara simbolis menyerahkan hadiah pemenang Lomba Kampung Hias Asian Games yang dilaksanakan bersamaan dengan acara sosialisasi Asian Games XVIII tahun 2018 kepada forum RT...

13-06-2018 Hits:7 ragam syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Read more

Sumsel Bersholawat Berlangsung Hikmat

04-06-2018 Hits:7 ragam syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Sumsel Bersholawat Berlangsung Hikmat

KamiKabari.Palembang- Puluhan ribu jemaah sejak sore memadati halaman Griya Agung untuk mengikuti acara Sumatera Selatan Bersholawat bersama Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan Al Habib Ali Zaenal Abidin Assegaf yang...

04-06-2018 Hits:7 ragam syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Read more

Menkes: Meski Sudah Lansia, Bukan Berart…

10-05-2018 Hits:16 ragam tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

Menkes: Meski Sudah Lansia, Bukan Berarti Berhenti Produktif

KamiKabari, Palembang - Rangkaian peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (Halun) 2018 di Palembang tahun ini benar-benar spesial. Selain digelar secara nasional melibatkan 34 provinsi, kegiatan yang ditandai dengan Seminar Nasional Kesehatan ...

10-05-2018 Hits:16 ragam tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

Read more

Aishwa dapat hadiah umroh sekeluarga

04-06-2018 Hits:7 viral syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Aishwa  dapat hadiah umroh sekeluarga

KamiKabari. Palembang - Acara Talkshow Sholawat  bersama selebgram balita Aishwa Nahla di Gramedia World, Minggu (3/6) ramai dihadiri warga Palembang, tak terkecuali Gubernur Sumsel Alex Noerdin. Saking senangnya dengan talenta...

04-06-2018 Hits:7 viral syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Read more

Ini Tukang Tambal Ban Cantik Asal Garut …

09-04-2018 Hits:187 viral syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Ini Tukang Tambal Ban Cantik Asal Garut yang Viral di Medsos

KamiKabari.Garut - Irma Tri Resmiawati, perempuan berusia 23 tahun asal Kabupaten Garut, Jawa Barat, menjadi perbincangan setelah aksinya saat menambal ban diunggah ke media sosial. Aksi Irma saat menambal ban viral...

09-04-2018 Hits:187 viral syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Read more

Xpander Raih Car of the Year 2018 di Aja…

03-04-2018 Hits:21 viral syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Xpander Raih Car of the Year 2018 di Ajang Otomotif Award

KamiKabari.Jakarta -Kendaraan small-MPV Mitsubishi Motors pertama, Xpander, meraih penghargaan 'Car of the Year' (COTY) di ajang 11th Otomotif Award. Xpander menyusul model SUV Pajero Sport yang menerima penghargaan tertinggi pada 2016 lalu...

03-04-2018 Hits:21 viral syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Read more

KamiKabari.com © 2017

About Us   •   Help Privacy Policy   •   Terms of Use   •   Disclaimer   •   Pedoman Media   •   Redaksi   •   Info iklan   •   Contact Us

Best gambling websites website