Pedoman Media Siber

Hits: 135
Pedoman Media Siber
Peraturan Dewan Pers
 
Pedoman Pemberitaan Media Siber
Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.
 
Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:
 
Ruang Lingkup
Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.
Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.
 
Verifikasi dan keberimbangan berita
Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.
Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.
Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:
Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;
Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;
Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;
Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.
Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.
 
Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)
Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.
Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.
 
Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:
Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;
Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;
Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c).
Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.
Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.
Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).
Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).
 
Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab
Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.
Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.
Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.
Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:
Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;
Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;
Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.
Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).
 
Pencabutan Berita
Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.
Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.
Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.
 
Iklan
Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.
Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan ”advertorial”, ”iklan”, ”ads”, ”sponsored”, atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.
 
Hak Cipta 
Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.
 
Pencantuman Pedoman 
Media siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.
 
Sengketa 
Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.
 
 
Jakarta, 3 Februari 2012 
(Pedoman ini ditandatangani oleh Dewan Pers dan komunitas pers di Jakarta, 3 Februari 2012).
 
Sumber: http://dewanpers.or.id/

Pertamina Bantah Isu Pengurangan Elpiji …

17-12-2017 Hits:6 eksbis tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

Pertamina Bantah Isu Pengurangan Elpiji Subsidi

  KamiKabari, Jakarta - Marketing Branch Manager Pertamina Kalbarteng Teuku Johan Mifta membantah isu bahwa akan ada penarikan atau pengurangan kuota elpiji tabung tiga kilogram (kg) subsidi. "Sehingga kami imbau masyarakat tidak mudah...

17-12-2017 Hits:6 eksbis tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

Read more

Indonesia-Turki Sepakat Tingkatkan Kerja…

22-10-2017 Hits:18 eksbis syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Indonesia-Turki Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan

KamiKabari.Madinah - Wapres Jusuf Kalla (JK) merespons positif usulan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan soal dibentuknya Dewan Strategis Tingkat Tinggi untuk meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan. Dengan adanya dewan tersebut,...

22-10-2017 Hits:18 eksbis syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Read more

Sumsel Urutan Ketiga Inflasi Terendah

04-08-2017 Hits:64 eksbis kenzi_alfaruk - avatar kenzi_alfaruk

Sumsel Urutan Ketiga Inflasi Terendah

KamiKabari, Palembang - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) nampaknya tidak saja unggul dalam bidang  olahraga, diakui saat ini eksistensi Sumsel menjajaki berbagai bidang. Faktanya dalam bidang pertanian saja Sumsel berhasil surplus beras...

04-08-2017 Hits:64 eksbis kenzi_alfaruk - avatar kenzi_alfaruk

Read more

Rian Johnson Berharap Ada Sutradara Wani…

17-12-2017 Hits:6 hiburan tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

Rian Johnson Berharap Ada Sutradara Wanita yang Mengarahkan Star Wars

KamiKabari. Los Angeles - Kesetaran di industri Hollywood semakin keras digaungkan beberapa tahun terakhir. Rian Johnson yang termasuk salah satu pegiat industri hiburan Hollywood mendukung hal tersebut. Dilansir dari Femalefirst, Rian mengatakan...

17-12-2017 Hits:6 hiburan tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

Read more

Trans Studio Mini Diserbu Wong Plembang

22-10-2017 Hits:48 hiburan syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Trans Studio Mini Diserbu Wong Plembang

KamiKabari.Palembang - Satu hari setelah dilaunching, PT Trans Retail Indonesia secara resmi menggelar Grand Opening Transmart Palembang yang terletak di Jalan Bridgen H Dani Effendi (Jalan Radial), Kecamatan Bukit Kecil Palembang, Sabtu...

22-10-2017 Hits:48 hiburan syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Read more

Alex Nurdin Tonton Konser Sriwijaya Dipt…

11-06-2017 Hits:64 hiburan kenzi_alfaruk - avatar kenzi_alfaruk

Alex Nurdin Tonton Konser Sriwijaya Dipta

KamiKabari. Palembang- Gubernur Sumatera Selatan H. Alex Noerdin berikan dukungannya sekaligus semangat untuk para Colour Choir Palembang yang akan mengikuti kompetisi berskala internasional, yaitu The 6th Bali International Choir festival atau...

11-06-2017 Hits:64 hiburan kenzi_alfaruk - avatar kenzi_alfaruk

Read more

Jadwal Marcus/ Kevin di Final Dubai Worl…

17-12-2017 Hits:7 sport tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

Jadwal Marcus/ Kevin di Final Dubai World Super Series

KamiKabari. Dubai - Perhelatan Dubai World Super Series Finals 2017 sudah mencapai puncaknya hari ini, Minggu 17 Desember. Indonesia menempatkan satu wakil di final atas nama Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Setelah...

17-12-2017 Hits:7 sport tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

Read more

15 Negara Ikuti Tes Even Volley Ball Asi…

22-10-2017 Hits:31 sport abang - avatar abang

15 Negara Ikuti Tes Even Volley Ball Asian Games

  KamiKabari, Palembang - Sebanyak 15 negara Asia mengikuti tes even cabang olahraga (cabor) Asian Games di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.   Ke-15 negara tersebut yakni Iran, Thailand, Singapura, Hongkong, Arab Saudi,...

22-10-2017 Hits:31 sport abang - avatar abang

Read more

Barcelona Tundukkan Malaga 2-0

22-10-2017 Hits:22 sport syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Barcelona Tundukkan Malaga 2-0

KamiKabari.Barcelona - Barcelona kembali ke jalur kemenangan. Angka penuh diraih Barca setelah mengalahkan tim tamu, Malaga, dengan skor akhir 2-0. Usai berimbang dengan Atletico Madrid di pekan sebelumnya, Barca bangkit. Bertanding di...

22-10-2017 Hits:22 sport syauqi.shabry - avatar syauqi.shabry

Read more

2.935 Rumah Rusak Diguncang Gempa 6,9 Sr…

17-12-2017 Hits:8 daerah tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

2.935 Rumah Rusak Diguncang Gempa 6,9 Sr, Masyarakat Membutuhkan Bantuan

Kami.Kabari, Jakarta - Jumlah data kerusakan rumah dan bangunan terus bertambah. Gempabumi 6,9 SR yang mengguncang Jawa Barat bagian selatan pada 15/12/2017 pukul 23:47 WIB telah menyebabkan 2.935 rumah rusak....

17-12-2017 Hits:8 daerah tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

Read more

Warga Serahkan Dua Pucuk Senpira

22-10-2017 Hits:32 daerah abang - avatar abang

Warga Serahkan Dua Pucuk Senpira

  KamiKabari, Muratara - Warga Desa Maur Lama Kecamatan Muara Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) menyerahkan dua pucuk senjata api rakitan (Senpira) laras panjang kepada perangkat Desa yakni Sekretaris Desa...

22-10-2017 Hits:32 daerah abang - avatar abang

Read more

Alex Noerdin Titip Pesan Soal Jargas

22-10-2017 Hits:19 daerah abang - avatar abang

Alex Noerdin Titip Pesan Soal Jargas

  KamiKabari, Prabumulih - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Prabumulih yang ke-16, Selasa (17/10) kemarin jadi lebih istimewa. Hal ini tak lain karena kehadiran orang nomor satu di Sumsel yakni...

22-10-2017 Hits:19 daerah abang - avatar abang

Read more

Tontowi / Liliyana Gagal ke Final karena…

17-12-2017 Hits:6 ragam tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

Tontowi / Liliyana Gagal ke Final karena Keroposnya Pertahanan

KamKabari. Dubai - Pasangan Tontowi Ahmad/ Liliyana Natsir, gagal melangkah ke final BWF Super Series Finals 2017 setelah kalah dari wakil China, Zheng Siwei/Chen Qingchen, dengan skor 12-21, 17-21, Sabtu (16/12/2017). Pertahanan...

17-12-2017 Hits:6 ragam tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

Read more

Dari Apek, Kini Jadi Pempek

17-09-2017 Hits:33 ragam abang - avatar abang

Dari Apek, Kini Jadi Pempek

  KamiKabari, Palembang - Siapa yang tidak kenal lagi dengan Pempek bahkan hampir diseluruh penjuru di Indonesia mengetahui makanan khas Kota Palembang satu ini. Namun, dibalik nama Pempek tersebut ada kisah menarik yang hanya sebagian...

17-09-2017 Hits:33 ragam abang - avatar abang

Read more

Berusaha Kabur, Dua Kaki Bajing Loncat D…

03-08-2017 Hits:93 ragam tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

Berusaha Kabur, Dua Kaki Bajing Loncat Dilumpuhkan

KamiKabari, Palembang - Aksi bajing loncat kembali terjadi di Palembang, Sumsel. Namun, aksi tersebut diketahui oleh pihak kepolisian dan berhasil digagalkan.  Bahkan, salah satunya terpaksa dihadiahi dua butir timah panas...

03-08-2017 Hits:93 ragam tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

Read more

Viral Video Ramalan Bencana Besar di Uj…

17-12-2017 Hits:9 viral tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

 Viral Video Ramalan Bencana Besar di Ujung 2017, Ini Faktanya

KamiKabari. Jakarta - Sebuah video ramalan bencana besar di ujung 2017 beredar viral di grup-grup WhatsApp (WA). Video tersebut menayangkan ilustrasi kengerian bencana di sejumlah negara di dunia.  Video itu berjudul 'Warning!!...

17-12-2017 Hits:9 viral tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

Read more

Idiom Ndeso Jadi Trend di Media Sosial

10-07-2017 Hits:50 viral tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

Idiom Ndeso Jadi Trend di Media Sosial

KamiKabari. Jakarta – Video Blog (vlog) berjudul #BapakMintaProyek yang diposting putra Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Kaesang  Pangarep, yang banyak mengutip perkataan ‘ndeso’ menjadi pembicaraan hangat di kalangan netizen Indonesia....

10-07-2017 Hits:50 viral tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

Read more

Kado HUT ke 51 Buku Ahok Di Mata Mereka

29-06-2017 Hits:66 viral tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

Kado HUT ke 51 Buku Ahok Di Mata Mereka

KamiKabari. Jakarta - Bertepatan dengan hari ulang tahun Basuki Tjahaja Purnama ke-51 pada hari ini, Kamis 29 Juni 2017, sebuah buku berjudul “Ahok di Mata Mereka” yang ditulis oleh 51...

29-06-2017 Hits:66 viral tzahra.purwanto - avatar tzahra.purwanto

Read more

KamiKabari.com © 2017

About Us   •   Help Privacy Policy   •   Terms of Use   •   Disclaimer   •   Pedoman Media   •   Redaksi   •   Info iklan   •   Contact Us

Best gambling websites website